Purna Paskibraka Indonesia

Kota Administrasi Jakarta Pusat

SMAN 1 Watampone : Selalu tingkatkan kualitas dan prestasi

MENJADI pelaksana upacara dan mahir dengan LKBBnya, ekskul Paskibra jagonya. Ekskul ini memiliki anggota yang selalu punya andil di setiap hari kemerdekaan tanah air, menjadi pengibar bendera pusaka. Bahkan salah satu anggotanya tercatat sebagai paskibraka nasional 2011, Nizar Wahyu Maula. Pembina ekskul ini Drs H Muhammad Ali dan diketuai oleh Anugrah. (rk4)

Di Kabupaten Bone, sekolah ini cukup dikenal karena prestasinya. Seiring perkembangannya yang cukup pesat, sekolah yang berdiri di pusat kota tersebut kini menjadi sekolah favorit di Kabupaten Bone.
Sang kepala sekolah, Drs Masseppirang M.Si yang ditemui di ruang kerjanya menceritakan sekilas mengenai perkembangan SMAN 1 Watampone. Smansa, begitulah sebutan yang akrab dikenal masyarakat Bone, sama seperti sekolah kebanyakan. Namun, lokasinya yang sangat strategis, di daerah perkotaan, mendorong besarnya minat siswa yang mendaftar. Hal tersebut pun memotivasi pihak sekolah untuk semakin meningkatkan kualitas Smansa.

Tentu saja karena banyak faktor, sekolah tersebut lama-kelamaan makin dipercaya masyarakat. Alumni Smansa memberikan bukti nyata. Berbagai prestasi serta kelulusan alumni di berbagai universitas ternama, mencatat sejarah dalam track record. Akhirnya, pada tahun 2003 Smansa Watampone dinobatkan menjadi sekolah unggulan oleh tingkat provinsi. Kemudian sekolah memberlakukan proses penyeleksian yang ketat. Tak ada kata nepotisme dan sebagainya, semua murni berdasarkan nilai rata-rata murid yang mendaftar.

Tahun berikutnya, lahir prestasi demi prestasi. Delapan alumni pada tahun 2004 masuk sepuluh besar sebagai siswa berprestasi tingkat provinsi. Kemudian pada tahun yang sama, salah satu siswanya meraih Juara I, di bidang Bahasa tingkat Sulsel. Lalu pada tahun 2005, perwakilan Smansa Watampone untuk kedua kalinya terpilih menjadi salah satu Paskibraka Nasional setelah  tahun 1985. Dan tahun 2011, seorang siswa kembali mewakili Sulsel. Hal tersebut merupakan kebanggaan keluarga besar Smansa Watampone serta masyarakat Sulawesi Selatan.

Prestasi signifikan yang ditunjukkan siswa menarik perhatian banyak orang. Tak terkecuali pihak lain, instansi maupun pemerintah. Bantuan pembangunan sekolah pun berdatangan. Sebut saja bantuan dana APBN pendidikan dan Direktorat Jakarta yang membantu pembangunan sekolah. Sarana dan prasarana memang penting sebagai wujud pembenahan sekolah. Kepercayaan tersebut digunakan sebaik-baiknya oleh pihak sekolah. Semuanya demi memadainya  fasilitas dan standarisasi sekolah unggulan.

Saat ini, Smansa menetapkan jumlah siswa per kelasnya. Setiap kelas berjumlah maksimal 27 orang demi efektivitas PBM. Ada belasan ekskul yang menjadi wadah aktualisasi siswa. Tak jarang, siswa berprestasi lahir dari pengembangan diri tersebut. Selain itu, sistem bebas tes diberlakukan bagi mereka yang mendapat peringkat 1-3 di SMP nya. Masseppirang mengatakan, rencananya, tahun 2012-2013 siswa akselerasi juga bisa masuk bebas tes di Smansa. Sekolah tersebut meyakini, input yang berkualitas akan menghasilkan output yang lebih berkualitas.

Tak dipungkiri, semakin berkembang sekolah tersebut, tantangan yang menghadang juga semakin besar. Namun, sang kepala sekolah kerap mengingatkan tenaga pengajar agar tetap menunjukkan kinerja yang memuaskan. “Kita tidak usah menggubris gangguan-gangguan. Tetap jaga integritas dan bekerja semaksimal mungkin. Semuanya untuk kemajuan sekolah dan lahirnya generasi muda berkualitas,”ungkapnya. (nurul)

About these ads

Filed under: Berita Paskibraka

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Darkwin Blog

Categories

Snap Shot!!

Pengibaran 2011 Paskibraka Jakarta Pusat

Nge-tweet teman-teman PPI JP

Error: Twitter did not respond. Please wait a few minutes and refresh this page.

Ucapan Terimakasih

Walikota Administrasi Jakarta Pusat | Para Founder PPI JP | Pengurus dan MPO PPI JP | Seluruh anggota PPI JP | para netter dimanapun berada ..

Admin Blog PPI JP

"... Semoga Blog ini memberikan manfaat dan informasi yang positif tentang Paskibraka, khususnya Purna Paskibraka Indonesia Kota Administrasi Jakarta Pusat. Dengan mencintai Organisasi ini adalah salah satu bentuk Jiwa Patrotisme dan Nasionalisme terhadap Bangsa dan Negara".
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: